Kenapa ISIS Malah Menyerang Moscow Bukan Israel atau AS? 👉ISIS Serang Gedung Konser di Moskow, 40 Orang Tewas, Israel di Balik Serangan Itu?

Kelompok ISIS mengaku bertanggung jawab atas penembakan di gedung konser Moskow pada Juma Kenapa ISIS Malah Menyerang Moscow Bukan Israel atau AS? 👉ISIS Serang Gedung Konser di Moskow, 40 Orang Tewas, Israel di Balik Serangan Itu?
[PORTAL-ISLAM] MOSKOW — Kelompok ISIS mengaku bertanggung jawab atas penembakan di gedung konser Moskow pada Jumat (22/3/2024) malam, yang menurut pihak berwenang Rusia menewaskan sedikitnya 40 orang dan melukai lebih dari 100 orang lainnya.

“Militan ISIS menyerang sebuah pertemuan besar Kristen di pinggiran ibu kota Rusia, Moskow”, kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan yang dirilis kantor berita mereka Amaq Agency.

Pernyataan ISIS mengatakan para penyerang telah mundur ke markas mereka dengan selamat.

Dilansir CNN (24/3), Garda Nasional Rusia mengatakan pihaknya berada di Cronus City Hall dan sedang mencari pelakunya

Rekaman video dari Cronus City Hall menunjukkan kompleks luas, yang merupakan lokasi gedung musik dan pusat perbelanjaan, terbakar dengan asap mengepul ke udara.

RIA Novosti melaporkan orang-orang bersenjata melepaskan tembakan dengan senjata otomatis dan melemparkan granat atau bom pembakar, yang memicu kebakaran.

Media pemerintah Russia 24 melaporkan sebagian atap venue telah runtuh.

Serangan itu terjadi sebelum grup musik Picnic dijadwalkan untuk tampil, menurut Russia 24. Manajer band tersebut mengatakan kepada media pemerintah bahwa para pemainnya tidak terluka.

Kementerian luar negeri Rusia menyebut insiden itu sebagai serangan teroris. Ini merupakan serangan teror terbesar di Rusia Tengah dalam hal jumlah korban sejak pemboman bandara Domodedovo pada Januari 2011 yang menewaskan 37 orang dan melukai 172 lainnya.

Serangan dimulai sekitar jam 8 malam waktu setempat ketika sekelompok setidaknya 5 pria bersenjata menyerbu kompleks tersebut saat konser band Picnic dan melepaskan tembakan dengan senjata otomatis, lapor outlet berita negara RIA Novosti. Penyebab kebakaran berikutnya masih belum diketahui.

Lebih dari 70 tim ambulans dikirim untuk melihat serangan itu, menurut Gubernur Wilayah Moskow Andrei Vorobyov. Dua helikopter pemadam kebakaran juga berada di lokasi untuk mencoba memadamkan api, yang menyebar ke wilayah yang luas, kata Vorobyov.

Dari mereka yang terluka, setidaknya 21 orang dirawat di rumah sakit, kata Vorobyov melalui Telegram.

Kantor Kejaksaan Agung Rusia mengatakan “Orang tak dikenal yang mengenakan kamuflase masuk ke Balai Kota Crocus dan mulai menembak sebelum konser dimulai,” menurut TASS.

Rekaman video menunjukkan kepanikan ketika serangan terjadi, dengan kerumunan orang berkerumun, berteriak dan merunduk di belakang kursi empuk ketika suara tembakan mulai bergema di aula yang luas.

Rekaman yang ditempatkan secara geolokasi oleh CNN menunjukkan seseorang bersenjata memicu setidaknya satu tembakan di dalam tempat tersebut. Individu tersebut terlihat membawa sesuatu di tangannya dan, saat mereka berjalan keluar layar, kilatan cahaya terang dari nyala api besar terlihat di video.

Gubernur daerah Andrey Vorobyov mengatakan segala sesuatu dilakukan untuk menyelamatkan masyarakat. Tim SWAT dipanggil ke daerah tersebut dan lebih dari 70 tim ambulans serta dokter membantu para korban.

Menurut Kremlin, Presiden Rusia Vladimir Putin telah diberitahu tentang serangan itu dan terus mendapat informasi terkini mengenai tindakan di lapangan. 

-------------

Serangan ISIS ini terjadi beberapa jam setelah Russia dan China MEMVETO Resolusi AS di PBB.

AS mengajukan Resolusi terkait "Gencatan Senjata Gaza" di PBB, dimana isi resolusinya menguntungkan Israel. Russia dan China lalu memveto sehingga resolusi AS tidak lolos.

Akun twitter @TorahJudaism (akun kelompok Yahudi yang menentang negara Israel) mengatakan Zionis (Israel) berada di balik sernagan Moscow.

👇👇

[VIDEO]
Share Artikel: