Prabowo, Dulu Anti Komunis, Kini Pro Komunis

Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto memuji kepemimpinan Presiden China Xi Jinping saat b Prabowo, Dulu Anti Komunis, Kini Pro Komunis
Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto memuji kepemimpinan Presiden China Xi Jinping saat b Prabowo, Dulu Anti Komunis, Kini Pro Komunis
Kemlu China: Prabowo Puji Xi Jinping, Siap Belajar dari Partai Komunis

Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto memuji kepemimpinan Presiden China Xi Jinping saat berkunjung ke Beijing pada Senin (1/4/2024).

Hasil pertemuan itu diungkap dalam rilis Kementerian Luar Negeri China terkait pertemuan keduanya. Dalam terjemahan pernyataan Kemlu China yang dikeluarkan kedutaan besarnya di Indonesia Senin (1/4/2024), Prabowo disebut memuji pencapaian rakyat dan pemerintah China.

"Dia [Prabowo] mengapresiasi hasil yang dicapai rakyat Tiongkok yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping, bersedia belajar pengalaman Partai Komunis Tiongkok, memperdalam pertukaran pengelolaan negara," demikian pernyataan Kemlu China soal pertemuan Prabowo-Xi Jinping.

Menurut Kedubes China, Prabowo juga senang memilih Negeri Tirai Bambu sebagai negara pertama yang dikunjungi usai ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 20 Maret lalu.

Dalam rilis tersebut, Prabowo juga menyatakan China punya pengaruh yang penting. Kedua negara, lanjut dia, selalu saling menghormati dan memperlakukan secara setara satu sama lain.

Melalui rilis Kementerian Pertahanan RI, Prabowo mengatakan pertemuannya dengan Xi Jinping juga fokus membicarakan kerja sama pertahanan kedua negara.

"Terkait kerja sama pertahanan, saya memandang China adalah salah satu mitra kunci dalam memastikan perdamaian dan stabilitas kawasan," kata Menhan.

"Saya juga berkomitmen memenuhi kebutuhan alutsista Indonesia, termasuk peningkatan kerja sama industri pertahanan dan dialog produktif, serta kerja sama antar matra", sambung Menhan Prabowo.

Sementara itu, Xi Jinping menyatakan Indonesia dan China mengalami peningkatan hubungan selama satu dekade terakhir.

Dia lantas menyinggung kereta cepat Jakarta-Bandung sebagai bentuk kerja sama berkualitas tinggi antar negara. Xi juga mengatakan China siap berbagi pengalaman soal pemerintahan.

"Tiongkok bersedia mempertahankan pertukaran yang erat dengan Indonesia, bertukar pengalaman dalam tata kelola negara, memperkuat strategi pengembangan, lebih lanjut mempromosikan proyek 'Dua Negara, Taman Kembar' dan 'Koridor Ekonomi Komprehensif Regional', dan terus memperdalam kerja sama maritim," kata Xi Jinping.

Lebih lanjut, Xi mengatakan China bersedia memperkuat kerja sama dan memberikan dukungan dengan Indonesia di bidang pengentasan kemiskinan.

Di kesempatan itu, Xi tak lupa memberi ucapan selamat ke Prabowo dan menitip salam untuk Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Prabowo berkunjung ke China dari 31 Maret hingga 2 April 2024.

Kunjungan Prabowo ke luar negeri juga berlangsung saat sidang sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi sedang berlangsung.


------------------

DI PILPRES 2019 PENDUKUNG PRABOWO DITIPU KALAU PRABOWO ANTI-KOMUNIS

Prabowo Duga Ideologi Komunis Masih Eksis, Masyarakat Diminta Waspada

Share Artikel: