Keunikan Boshka Senjata Taliban Yang Ditakuti AS

tahun Kemerdekaan Afghanistan dari penjajahan AS pada  Keunikan Boshka Senjata Taliban Yang Ditakuti AS
Ada yang unik dari perayaan 3 tahun Kemerdekaan Afghanistan dari penjajahan AS pada 14 Agustus 2024 kemarin:

Pawai "Boshka Special Forces"

Jerigen kuning ukuran 10 liter itu disebut Boshka. Cuma ada satu warna; Kuning itu aja. Tapi ukurannya mulai 10ltr. 20ltr. Hingga 30ltr.

Fungsi utamanya wadah air bersih. Kadang juga minyak goreng. Tapi di masa penjajahan Amerika berfungsi lain dan menjadi momok mengerikan bagi penjajah:

Wadah mesiu.

Umumnya bermuatan TNT. Tapi ga jarang diisi bahan2 peledak lainnya. Kadang dipasangi handphone untuk mengaktifkan mekanisme peledak melalui jaringan seluler. Tapi lebih sering dikombinasikan dengan sumbu panjang untuk menyulut api dari jarak jauh.

Boshka 10ltr berisi peledak itu akan diletakkan di pinggir jalan atau ditanam dalam aspal jalanan Afghanistan.

Kalau pernah lihat video kendaraan tempur Amerika meledak dan terbang ke angkasa sebelum jatuh berkeping2, Itu sebab dicium Boshka tersebut.

Meski demikian, Sering juga Boshka tadi dilempar begitu saja ke arah pasukan lawan. Lucunya, Saking traumanya Amerika terhadap Boshka, Sering terjadi tim anti bom mereka berjam2 lamanya mensterilkan sebuah area hanya demi mendapati Boshka tersebut benar2 berisi air 😁😅.

Banyak juga cerita sekelompok bocah iseng melempar Boshka kosong dari atas sebuah gedung dan membuat seluruh pasukan penjajah beserta antek2nya kalang kabut kocar kacir.

Bangsa Afghanistan ini selera humornya tinggi. Pada pawai kemarin, Di Baghram Military Airbase yang dulunya merupakan markas terbesar Amerika di Afghanistan, Panitia upacara sengaja membariskan seratus motor yang khusus membawa Boshka untuk meledek bekas lawannya 🤣😅

(Fathi Nasrullah)

Share Artikel: