Bertemu Wakil Perdana Menteri Imarah Islam, Jepang Janjikan Bantuan $10 Juta dan Akan Bangun 165 Sekolah Dasar di Afghanistan

Wakil Perdana Menteri untuk Urusan Politik Bertemu Wakil Perdana Menteri Imarah Islam, Jepang Janjikan Bantuan $10 Juta dan Akan Bangun 165 Sekolah Dasar di Afghanistan
[PORTAL-ISLAM]  KABUL – Wakil Perdana Menteri untuk Urusan Politik, Mawlawi Abdul Kabir, bertemu dengan Duta Besar Jepang untuk Afghanistan, Takayushi Kormaya, di Kabul untuk mendiskusikan bantuan Jepang kepada Afghanistan.

Menurut sebuah pernyataan, Takayushi Kormaya mengatakan bahwa Jepang telah mengumumkan paket bantuan senilai 10 juta dolar AS kepada Afghanistan untuk memerangi perdagangan narkoba dan berencana untuk membangun 165 sekolah dasar di sembilan provinsi di negara tersebut, lansir Tolo News (5/9/2024).

Selain itu, Duta Besar Jepang juga menyebutkan bahwa Jepang berniat untuk mengalokasikan dana sebesar $300.000 untuk Museum Nasional di Kabul untuk membantu melestarikan monumen-monumen bersejarah Afghanistan dan meningkatkan kapasitas lembaga-lembaga yang relevan.

Takayushi Kormaya lebih lanjut menambahkan bahwa Tokyo bekerja untuk membangun hubungan antara Imarah Islam dan negara-negara G7 (tujuh kekuatan ekonomi utama).

Dalam pertemuan tersebut, Mawlawi Abdul Kabir menekankan pentingnya hubungan Kabul-Tokyo bagi kedua negara dan menyatakan harapannya bahwa komitmen yang dibuat pada pertemuan Doha ketiga akan segera diimplementasikan.

Sebelumnya, mantan kepala UNAMA dan kepala Yayasan Perdamaian Sasakawa Jepang telah meminta pelaksana tugas menteri luar negeri untuk mengirim delegasi ke Jepang untuk mempromosikan kerja sama bilateral antara Kabul dan Tokyo. 

Share Artikel: