Quraish Shihab

dari membaca beberapa buku dan mendengar kajian Quraish Shihab
Oleh: Muhammad Abduh Negara

Yang saya pahami tentang Quraish Shihab, dari membaca beberapa buku dan mendengar kajian-kajiannya di tv dan youtube:

1. Beliau sunni (dalam makna luas) bukan syiah. Hanya saja, beliau menganggap syiah, termasuk rafidhah, sebagai bagian dari umat Islam. Dan ini adalah pandangan umum ulama Al-Azhar dan yang berafiliasi ke Al-Azhar.

Tentu ini berbeda tajam, dengan yang berafiliasi ke para ulama Saudi, yang menganggap hampir seluruh syiah saat ini kafir.

2. Beliau bukan liberal. Bangunan pemikiran Islam dan fiqih beliau, masih mengikuti pemikiran Islam dan fiqih para ulama mainstream. Bahkan dalam beberapa kesempatan, beliau mengkritik pemikiran liberal.

3. Beliau memiliki pendapat syadz (nyleneh), yang tidak boleh diikuti. Yang masyhur, tentu adalah pendapat tentang tidak wajibnya perempuan menutup rambut.

Saya masih isykal tentang pendapat beliau ini. Karena kadang, beliau menarasikan tidak sedang menguatkan pendapat tersebut, hanya saja menyebutkan bahwa ada ulama yang berpendapat demikian, sehingga pendapat itu dan yang mengamalkan pendapat itu, harus dihormati. Meski ini tetap saja syadz, karena tidak ada ulama mu'tabar yang berpendapat demikian. Wallahu a'lam.
Share Artikel: