Reuters: Yahya Sinwar, pemimpin Hamas yang diburu, tetap berkomitmen untuk menghancurkan Israel

 tetap berkomitmen untuk menghancurkan Israel Reuters: Yahya Sinwar, pemimpin Hamas yang diburu, tetap berkomitmen untuk menghancurkan Israel
Menarik liputan media Reuters (4/10/2024):

Yahya Sinwar, pemimpin Hamas yang diburu, tetap berkomitmen untuk menghancurkan Israel

4 Okt (Reuters) - Pemimpin Hamas Yahya Sinwar tidak menyesali serangan 7 Oktober setahun lalu, kata orang-orang yang berhubungan dengannya, meskipun akibatnya Israel melancarkan invasi yang telah menewaskan puluhan ribu warga Palestina, menghancurkan kampung halamannya di Gaza, dan menghancurkan sekutunya, Hizbullah.

Bagi Sinwar, 62 tahun, arsitek serangan lintas batas Hamas (7 Oktober) yang menjadi hari paling mematikan dalam sejarah Israel, perjuangan bersenjata tetap menjadi satu-satunya cara untuk memaksakan pembentukan negara Palestina, kata empat pejabat Palestina dan dua sumber dari pemerintah di Timur Tengah.

Serangan 7 Oktober menewaskan 1.200 orang Israel, sebagian besar warga sipil, dan menyandera 250 orang, menurut penghitungan Israel, pada hari paling mematikan bagi orang Yahudi sejak Holocaust.

Israel menanggapi dengan melancarkan serangan besar-besaran di Gaza, menewaskan 41.600 orang dan membuat 1,9 juta orang mengungsi, menurut otoritas kesehatan Palestina dan angka-angka PBB.

Kini konflik telah menyebar ke Lebanon, dengan Israel yang sangat melemahkan kelompok militan yang didukung Iran, Hizbullah, termasuk membunuh sebagian besar pimpinannya. Pelindung Hamas, Teheran, berisiko terseret ke dalam perang terbuka dengan Israel.

Sinwar telah menyeret Iran dan seluruh "Poros Perlawanan" - yang terdiri dari Hizbullah, Houthi Yaman, dan milisi Irak - ke dalam konflik dengan Israel, kata Hassan Hassan, seorang penulis dan peneliti kelompok Islam.

Sinwar dipilih sebagai pemimpin umum gerakan Islamis tersebut setelah pendahulunya Ismail Haniyeh tewas pada bulan Juli oleh dugaan serangan Israel saat berkunjung ke Teheran. Israel belum mengonfirmasi keterlibatannya dalam serangan tersebut.

Beroperasi dari bayang-bayang jaringan terowongan berliku-liku di bawah Gaza, dua sumber Israel mengatakan Sinwar dan saudaranya, yang juga seorang komandan tinggi, tampaknya sejauh ini selamat dari serangan udara Israel, yang dilaporkan telah menewaskan wakilnya Mohammed Deif dan para pemimpin senior lainnya.

Dijuluki "Wajah Kejahatan" oleh Israel, Sinwar beroperasi secara rahasia, terus bergerak dan menggunakan utusan tepercaya untuk komunikasi nondigital, menurut tiga pejabat Hamas dan satu pejabat regional. Ia tidak terlihat di depan umum sejak 7 Oktober 2023.

Selama berbulan-bulan perundingan gencatan senjata yang gagal, yang dipimpin oleh Qatar dan Mesir, yang berfokus pada pertukaran tahanan dengan sandera, Sinwar adalah satu-satunya pembuat keputusan, kata tiga sumber Hamas. Para negosiator harus menunggu selama berhari-hari untuk mendapatkan tanggapan yang disaring melalui serangkaian utusan rahasia.

Setengah lusin orang yang mengenal Sinwar mengatakan kepada Reuters bahwa tekadnya dibentuk oleh masa kecil yang miskin di kamp-kamp pengungsi Gaza dan 22 tahun yang brutal dalam tahanan Israel, termasuk masa di Ashkelon, kota tempat orang tuanya tinggal sebelum melarikan diri setelah perang Arab-Israel tahun 1948.

Pertanyaan tentang sandera dan pertukaran tahanan sangat pribadi bagi Sinwar, kata semua sumber, yang meminta anonimitas untuk berbicara bebas tentang masalah-masalah sensitif. Ia telah berjanji untuk membebaskan semua tahanan Palestina yang ditahan di Israel.

Sinwar menjadi anggota Hamas segera setelah didirikan pada tahun 1980-an, mengadopsi ideologi Islam radikal kelompok tersebut, yang berupaya mendirikan negara Islam di Palestina yang bersejarah dan menentang keberadaan Israel.

Ideologi tersebut memandang Israel tidak hanya sebagai pesaing politik tetapi juga sebagai kekuatan pendudukan (penjajahan) di tanah Muslim. Dilihat dari sudut pandang ini, kesulitan dan penderitaan adalah pengorbanan yang harus dibayar.

"Apa yang ada di balik tekadnya adalah keuletan ideologi, keuletan tujuan. Dia pertapa dan puas dengan sedikit," kata seorang pejabat senior Hamas yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

DARI KAIN KARUNG MENJADI PEMIMPIN

Sebelum perang, Sinwar, terkadang bercerita tentang kehidupan awalnya di Gaza selama beberapa dekade pendudukan Israel, pernah mengatakan ibunya membuat pakaian dari karung bantuan makanan PBB yang kosong, menurut penduduk Gaza Wissam Ibrahim, yang telah bertemu dengannya.

Dalam novel semi-otobiografi yang ditulis di penjara, Sinwar menggambarkan adegan pasukan penjajah menghancurkan rumah-rumah Palestina, "seperti monster yang menghancurkan tulang mangsanya," sebelum Israel menarik diri dari Gaza pada tahun 2005.

Pemahamannya tentang kesulitan sehari-hari dan realitas brutal di Gaza diterima dengan baik oleh warga Gaza dan membuat orang merasa nyaman, kata empat wartawan dan tiga pejabat Hamas, meskipun reputasinya menakutkan dan amarahnya meledak-ledak.

Sinwar dianggap oleh pejabat Arab dan Palestina sebagai arsitek strategi dan kemampuan militer Hamas, yang didukung melalui hubungannya yang kuat dengan Iran, yang dikunjunginya pada tahun 2012.

Sebelum mengatur serangan pada tanggal 7 Oktober, Sinwar tidak merahasiakan keinginannya untuk menyerang musuhnya dengan keras.

Dalam pidatonya tahun sebelumnya, ia bersumpah untuk mengirim banyak pejuang dan roket ke Israel, mengisyaratkan perang yang akan menyatukan dunia untuk mendirikan negara Palestina di tanah yang diduduki Israel pada tahun 1967, atau membuat negara Yahudi itu terisolasi di panggung global.

Pada saat pidato tersebut, Sinwar dan Deif telah menetas rencana rahasia untuk serangan tersebut. Mereka bahkan menjalankan latihan di depan umum yang mensimulasikan serangan semacam itu.

'KEPALA LEBIH KERAS DARIPADA BATU'

Sinwar ditangkap Israel pada tahun 1988 dan dijatuhi hukuman empat hukuman seumur hidup, dituduh mengatur penculikan dan pembunuhan dua tentara Israel dan empat tersangka informan Palestina.

Nabih Awadah, mantan militan Komunis Lebanon yang dipenjara bersama Sinwar di Ashkelon antara tahun 1991-1995, mengatakan pemimpin Hamas memandang perjanjian damai Oslo tahun 1993 antara Israel dan Otoritas Palestina sebagai "bencana" dan tipu muslihat Israel, yang menurutnya hanya akan menyerahkan tanah Palestina "dengan paksa, bukan dengan negosiasi."

Menyebutnya "keras kepala dan dogmatis", Awadah mengatakan Sinwar akan berseri-seri gembira setiap kali mendengar serangan terhadap warga Israel oleh Hamas atau kelompok Hizbullah Lebanon. Baginya, konfrontasi militer adalah satu-satunya jalan "untuk membebaskan Palestina" dari pendudukan Israel.

Awadah mengatakan Sinwar adalah "model yang berpengaruh bagi semua tahanan, bahkan mereka yang bukan penganut Islam atau religius."

Michael Koubi, mantan pejabat badan keamanan Shin Bet Israel yang menginterogasi Sinwar selama 180 jam di penjara, mengatakan Sinwar jelas menonjol karena kemampuannya untuk mengintimidasi dan memerintah.

Koubi pernah bertanya kepada Sinwar, yang saat itu berusia 28 atau 29 tahun, mengapa dia belum menikah. "Dia mengatakan kepada saya bahwa Hamas adalah istri saya, Hamas adalah anak saya. Bagi saya, Hamas adalah segalanya." Sinwar menikah setelah dibebaskan dari penjara pada tahun 2011 dan memiliki tiga orang anak.

Di penjara, dia terus memburu mata-mata Palestina (yang bekerja untuk Israel), kata Awadah, menggemakan laporan dari para interogator Shin Bet.

Nalurinya yang tajam dan kehati-hatiannya memungkinkan dia untuk mengidentifikasi dan mengungkap informan Shin Bet yang menyusup ke dalam penjara, kata Awadah.

Dia mengatakan kepemimpinan Sinwar sangat penting selama mogok makan pada tahun 1992, di mana dia memimpin lebih dari 1.000 tahanan untuk bertahan hidup hanya dengan air dan garam. Sinwar bernegosiasi dengan otoritas penjara dan menolak untuk menerima konsesi sebagian.

Ia juga memanfaatkan waktunya di penjara untuk belajar bahasa Ibrani dengan lancar.

Awadah mengatakan Sinwar sering mengingat bahwa Ashkelon, tempat mereka dipenjara bersama, adalah kampung halaman leluhur keluarganya.

Saat bermain tenis meja di halaman penjara Ashkelon, di Israel saat ini, Sinwar sering bermain tanpa alas kaki, dengan mengatakan bahwa ia ingin kakinya menyentuh tanah Palestina.

"Sinwar sering mengatakan kepada kami: 'Saya tidak di penjara; saya berada di tanah saya. Saya bebas di sini, di negara saya.'"

(Sumber: Reuters)
Share Artikel: