[Hikmah] Perintah Taat Didahului Perintah Untuk Menunaikan Amanat Dan Berlaku Adil


Antara Amanah, Keadilan dan Taat

Oleh: Ustadz Komiruddin Imron

Di dalam Al Qur'an perintah taat kepada ulil amri tiba sehabis perintah Tuhan kepada ulil amri semoga menunaikan amanat dan berlaku adil.

Perhatikan rangkaian firman Tuhan dalam surat An Nisa ayat 58-59.

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَىٰ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ ۚ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا

58 - "Sesungguhnya Tuhan menyuruh kau memberikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila tetapkan aturan di antara insan supaya kau tetapkan dengan adil. Sesungguhnya Tuhan memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Tuhan yaitu Maha Mendengar lagi Maha Melihat."

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ ۖ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

59 - "Hai orang-orang yang beriman, taatilah Tuhan dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian bila kau berlainan pendapat perihal sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Tuhan (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), bila kau benar-benar beriman kepada Tuhan dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya."

Ini arahan bahwa ada kekerabatan dan benang merah antara ketaatan prajurit dengan penunaian amanah dan berlaku adilnya ulil amri.

Artinya sebesar apa pun amanah yang disampaikan dan keadilan ditegakkan oleh ulil amri sebesar itu pula peluang untuk ditaati oleh para prajurit.

Jadi, bila ulil amri ingin ditaati bayarlah maharnya.

Apa maharnya? Maharnya yaitu jangan berkhianat terhadap amanah yang diemban dan tegakkan keadilan tanpa pandang bulu.

Natar, 10 Januari 2018


Share Artikel: