Israel Dibalik Ledakan Bom Kendaraan Beroda Empat Lebanon Yang Mentargetkan Anggota Hamas

Ledakan tersebut menghancurkan kendaraan beroda empat Mohammed Hamdan [Ali Hashisho / Reuters]

[PORTAL-ISLAM.ID] Sebuah ledakan bom kendaraan beroda empat di kota Sidon, Lebanon selatan, telah melukai seorang anggota Hamas, berdasarkan kelompok Palestina tersebut, yang menyalahkan Israel atas upaya pembunuhan tersebut.

Mohammed Hamdan menderita cedera kaki pada hari Minggu (14/1/2018) sehabis sebuah bom yang ditanam di mobilnya diledakkan, kelompok media Hamas menyampaikan dalam sebuah pernyataan.

"Indikasi awal menunjuk pada jari-jari Zionis [Israel] di balik tindakan kriminal ini," kata Hamas tanpa rincian lebih lanjut.

Hamdan dibawa ke rumah sakit setempat untuk perawatan, berdasarkan laporan media lokal dan sebuah foto yang dikeluarkan oleh Hamas.

Stasiun informasi Lebanon menyampaikan ledakan tersebut terjadi ketika orang-orang Palestina memasuki mobilnya di kawasan al-Boustan al-Kabir di Sidon, sekitar 40km selatan ibukota Lebanon, Beirut.

Ledakan dahsyat

Bom tersebut memakai sekitar 500 gram materi peledak dan ditempatkan di bawah dingklik pengemudi, berdasarkan Kantor Berita Nasional Lebanon.

Ledakan tersebut menghancurkan kendaraan dan menjadikan kerusakan pada bangunan di dekatnya, menjadikan asap hitam naik di atas kota.

Petugas pemadam kebakaran bergegas ke tempat insiden untuk memadamkan api, sementara pasukan keamanan mengepung kawasan tersebut.

Hamas menyebut Israel terlibat dalam pembunuhan sejumlah anggotanya di dalam dan di luar Palestina.

Pada bulan November 2017, biro intelijen nasional Israel Mossad melaksanakan pembunuhan atas Mohammed al-Zawari, seorang komandan sayap militer Hamas, Brigade Qassam, sehabis melaksanakan pengintaian selama 11 bulan.  (Al-Jazeera)


Share Artikel: