Lebih Dari 1/4 Juta Jamaah Hadiri Shalat Jumat Keempat Ramadhan di Masjid Al-Aqsa

Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki untuk shalat Jumat keempat di bulan suci Ramadhan Lebih Dari 1/4 Juta Jamaah Hadiri Shalat Jumat Keempat Ramadhan di Masjid Al-Aqsa
[PORTAL-ISLAM]  Lebih dari 250.000 jamaah berkumpul di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki untuk shalat Jumat keempat di bulan suci Ramadhan, di tengah pengawasan ketat “Israel”.

Warga Palestina harus berbaris di pos pemeriksaan militer pada dini hari untuk menyeberang dari Tepi Barat yang diduduki “Israel” ke Yerusalem.

Polisi “Israel” mengatakan lebih dari 2.000 petugas polisi dikerahkan di Yerusalem pada Jumat (14/4/2023) ketika umat Islam berbondong-bondong ke Al-Aqsa, umat Kristen Ortodoks mengadakan prosesi Jumat Agung di gang-gang sempit Kota Tua dan jemaah Yahudi berdoa di Tembok Barat.

Badan Yordania yang mengelola situs itu mengatakan sekitar seperempat juta jemaah menghadiri shalat Jumat di Al-Aqsa.

“Tidak ada ruang untuk kompromi di Al-Aqsa atau ruang untuk negosiasi di sekitarnya dan kami tidak akan menyerahkan sedikit pun tanahnya,” kata Mufti Yerusalem Muhammad Hussein pada khutbah Jumat, setelah mengungkapkan penghargaan atas jumlah jemaah yang banyak sepanjang bulan suci.

Al-Araby Al-Jadeed melaporkan ada 3.000 petugas di Kota Tua, sementara tentara dan polisi perbatasan memperkuat penempatan mereka di sepanjang tembok apartheid. Setidaknya lima warga Palestina ditangkap karena berusaha memanjat penghalang, kata Al-Araby Al-Jadeed.

Masjid Al-Aqsa, situs tersuci ketiga dalam Islam, telah mengalami beberapa serangan oleh pasukan dan pemukim Israel sejak Ramadhan dimulai pada 23 Maret. Dalam penggerebekan yang sangat brutal pada 4 April, ratusan jemaah terluka dan ditangkap oleh polisi “Israel”.

Serangan itu memicu serangan roket dari Jalur Gaza yang terkepung, Libanon selatan dan Suriah yang menarik serangan udara dan artileri “Israel”.

Perdana Menteri “Israel” Benjamin Netanyahu mengatakan awal pekan ini bahwa non-Muslim tidak akan dapat mengunjungi situs tersebut sampai akhir Ramadhan – diperkirakan sekitar 20 April, tergantung pada bulan.

“Israel” menganeksasi Yerusalem Timur setelah perang Timur Tengah 1967, tindakan yang tidak diakui secara internasional. (arrahmah)

[VIDEO]
Share Artikel: