Kotak Suara di Turki Bukan Kardus Digembok

Turki telah selesai menggelar Pemilu dan Pilpres  Kotak Suara di Turki Bukan Kardus Digembok
Turki telah selesai menggelar Pemilu dan Pilpres  Kotak Suara di Turki Bukan Kardus Digembok
[PORTAL-ISLAM] Turki telah selesai menggelar Pemilu dan Pilpres 2023. Putaran pertama berlangsung pada 14 Mei 2023, lalu putaran kedua Pilpres pada 28 Mei 2023.

Presiden Recep Tayyip Erdogan kembali terpilih setelah memenangkan Pilpres putaran kedua dengan meraih suara 52,16 persen, sementara lawannya Kemal Kilicdaroglu meraih 47,84 persen.

Yang menarik perhatian warganet Indonesia adalah Kotak Suara di Pemilu Turki yang menggunakan bahan transparan, plastik atau plexiglass, sehingga bisa dilihat oleh siapa saja. Beda dengan di Indonesia yang memakain kardus tertutup dan digembok.

"Bukan Kardus Bergembok. Kotak Suara Pemilu Turki memakai bahan transparan. Mungkin plastik atau plexiglass," cuit akun twitter @NephiLaxmus yang mengunggah foto Kotak Suara Pemilu Turki.

"Nah.. ini yang dari dulu sudah jadi usul saya bang @NephiLaxmus, kalau gak bisa begitu setidaknya seperti tempat kaleng kerupuk yang bagian depannya transparan, diganti kaca nya dgn plexiglass juga, done," komen netizen @octa_jzn.

Perhatikan video di bawah ini, saat Erdogan memberikan suaranya di TPS, perhatikan kotak suaranya...

[VIDEO]
Share Artikel: