Israel Akhirnya Terima Kesepakatan Gencatan Senjata 4 Hari dan Pertukaran Tawanan, Netanyahu: Ini Keputusan Sulit Tapi Harus Dilakukan

Israel telah bersetuju untuk terima gencatan senjata sementara  Israel Akhirnya Terima Kesepakatan Gencatan Senjata 4 Hari dan Pertukaran Tawanan, Netanyahu: Ini Keputusan Sulit Tapi Harus Dilakukan
Israel telah bersetuju untuk terima gencatan senjata sementara  Israel Akhirnya Terima Kesepakatan Gencatan Senjata 4 Hari dan Pertukaran Tawanan, Netanyahu: Ini Keputusan Sulit Tapi Harus Dilakukan
Israel telah bersetuju untuk terima gencatan senjata sementara  Israel Akhirnya Terima Kesepakatan Gencatan Senjata 4 Hari dan Pertukaran Tawanan, Netanyahu: Ini Keputusan Sulit Tapi Harus Dilakukan
Berita Pagi Ini (22/11/2023):
- Israel telah bersetuju untuk terima gencatan senjata sementara & pertukaran tawanan.
- Israel sebanyak 50 orang tawanan, Palestina sebanyak 150 orang.
- Menteri Perang Gantz & PM Netanyahu mengaku, terpaksa terima keputusan yang berat ini & terima syarat dari Abu Ubaidah.

-----------

Netanyahu: Kesepakatan ini sulit tapi langkah yang tepat

Selasa malam (21/11/2023) para menteri kabinet Netanyahu menyetujui kesepakatan untuk membebaskan sekitar 50 anak-anak, ibu-ibu, dan perempuan Israel lainnya selama gencatan senjata selama 4 hari.

“Kami menghadapi keputusan sulit malam ini, tapi ini adalah keputusan yang tepat,” kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada awal pertemuan kabinet.

Penentang kesepakatan tersebut telah memperingatkan bahwa hal ini akan merugikan kemampuan Israel untuk menjamin pembebasan semua sandera dan mempersulit kampanye militer Israel untuk mengusir Hamas dari Gaza. Mereka juga memperingatkan bahwa akan sulit untuk melanjutkan perang jika perang telah dihentikan untuk sementara waktu.

Netanyahu menolak tuduhan tersebut dengan menjelaskan bahwa IDF berencana untuk melanjutkan perang setelah kesepakatan tersebut dilaksanakan.

“Saya ingin mengklarifikasi. Kami sedang berperang dan akan terus berperang sampai kami mencapai semua tujuan kami, menghancurkan Hamas dan mengembalikan semua tawanan dan orang hilang,” katanya.

“Kami juga akan memastikan tidak ada entitas apa pun di Gaza yang akan mengancam Israel,” kata Netanyahu.

Dia teringat bagaimana dia dan kabinet perang bertemu dengan keluarga para sandera malam sebelumnya.

“Saya mengatakan kepada mereka bahwa kembalinya para sandera adalah misi suci dan utama yang saya bersumpah untuk menyelesaikannya,” kata Netanyahu.

“Perang ini memiliki fase dan begitu pula kembalinya para sandera,” katanya.

Seluruh lembaga keamanan sepenuhnya mendukung kesepakatan ini, katanya. Perjanjian ini akan memungkinkan IDF untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi sisa perang, kata Netanyahu, seraya menambahkan bahwa baik nyawa tentara maupun aparat pengumpulan intelijen tidak akan dirugikan dalam periode tersebut.

Netanyahu mengatakan dia telah berbicara dengan Presiden AS Joe Biden. Sebagai hasil dari pembicaraan itu, Biden telah melakukan intervensi dan mendapatkan persyaratan yang lebih baik untuk kesepakatan tersebut, jelas Netanyahu.

Kesepakatan tersebut, yang dimediasi oleh Qatar, akan menciptakan jeda jangka panjang pertama dalam pertempuran sejak Israel memulai kampanye militernya untuk mengusir Hamas dari Gaza. Hal ini terjadi di tengah meningkatnya tekanan internasional untuk gencatan senjata.

Berdasarkan kesepakatan yang luas, 50 sandera akan dibebaskan, dalam empat hari pertama dengan imbalan penghentian pertempuran selama 96 jam (4 hari) tersebut.

Sekitar 40 anak dan 13 ibu disandera. Diperkirakan beberapa, namun tidak semua, akan menjadi bagian dari kelompok sandera pertama yang dibebaskan.

Ke-50 sandera akan dibebaskan dalam kelompok-kelompok kecil pada hari-hari tersebut dan tidak sekaligus.

Sebagai imbalannya, Israel akan membebaskan sekitar 150 perempuan Palestina dan anak di bawah umur yang ditahan di penjara karena pelanggaran terkait keamanan, namun tidak satu pun dari mereka yang terlibat langsung dalam serangan teror yang memakan korban jiwa.

Ada kemungkinan pembebasan 30 sandera tambahan yang ditahan di Gaza jika jeda pertempuran diperpanjang hingga empat hari lagi.

Semua orang yang dijadwalkan untuk dibebaskan masih hidup dan memiliki kewarganegaraan Israel.

Dalam pertemuan pemerintah, Netanyahu mengklarifikasi bahwa kesepakatan itu juga mencakup kesepakatan di mana perwakilan Komite Palang Merah Internasional dapat mengunjungi para sandera yang masih disandera dan memasok obat-obatan kepada mereka.

Sebagai bagian dari kesepakatan, bahan bakar bisa masuk ke Gaza selama jeda pertempuran. Israel keberatan dengan masuknya bahan bakar ke wilayah tersebut karena takut Hamas akan menyitanya untuk keperluan militer.

Akan ada waktu enam jam setiap hari di mana pengawasan udara IDF di Gaza akan dihentikan.
“Ada kemampuan pengumpulan intelijen lainnya. Kami tidak akan buta dalam 6 jam ketika tidak ada drone dan balon di udara,” kata seorang pejabat Israel kepada wartawan.

Warga Palestina yang melarikan diri dari Gaza utara ke selatan selama beberapa minggu terakhir pertempuran tidak akan diizinkan kembali ke rumah mereka selama jeda, mengingat IDF diperkirakan akan melanjutkan kampanye militernya setelah jeda berakhir.

IDF, Mossad, dan Shin Bet mendukung garis besar kesepakatan tersebut.

Kesepakatan tersebut telah memicu perdebatan sengit di kalangan masyarakat Israel dan di antara politisi koalisi, bahkan ketika pemerintah diperkirakan akan meloloskannya.

Partai Religius Zionis yang dipimpin oleh Menteri Keuangan Bezalel Smotrich dan partai Otzma Yehudit yang dipimpin oleh Menteri Keamanan Publik Itamar Ben Gvir menyatakan sebelum pertemuan bahwa mereka berencana untuk menentang kesepakatan tersebut.

Perjanjian semacam itu “buruk bagi keamanan Israel, buruk bagi para tawanan, dan buruk bagi tentara IDF,” kata RZP.

Mereka mencatat bahwa jelas sekali, hati mereka tertuju pada keluarga tersebut dan, seperti mereka, ingin melihat semua tawanan kembali dengan selamat.

“Justru karena alasan inilah kesepakatan itu tidak boleh disetujui,” kata RZP.

Tekanan yang diberikan oleh kampanye militer IDF berhasil atau Hamas tidak akan menyetujui perjanjian awal ini, katanya.

Israel harus terus memberikan tekanan seperti itu sampai Hamas setuju untuk melepaskan semua sandera daripada membuat kesepakatan sebelum waktunya, katanya.

Hamas “sangat ingin” menghentikan pertempuran sehingga mereka dapat memperkuat kembali pasukannya dan lebih siap melawan IDF, kata Partai Religius Zionis.

Kesepakatan ini juga mengabaikan sebagian besar sandera dan memastikan bahwa Hamas akan menuntut harga yang lebih tinggi untuk pembebasan mereka, kata RZP. Hal ini bahkan memungkinkan Hamas untuk lebih berhasil menyembunyikan mereka di Gaza, katanya.

Lalu ada isu tentara IDF di Gaza yang akan terkena potensi serangan dan upaya penculikan selama gencatan senjata sementara, katanya.

Langkah seperti itu meningkatkan risiko penculikan tambahan baik di Israel maupun di seluruh dunia, jelas RZP.

Partai ini berencana untuk berdiri teguh “seperti tembok” terhadap segala upaya untuk menghentikan kampanye militer karena partai ini bersikeras bahwa Hamas harus diusir dari Gaza dan semua sandera dikembalikan.

Pemimpin Partai Buruh Merav Michaeli, yang bukan anggota pemerintah mengatakan dia mendukung kesepakatan tersebut.

“Hati saya tertuju pada keluarga para sandera atas kesedihan yang ditimbulkan oleh politisi sayap kanan mesianik, dan saya mendukung semua pihak dari lembaga keamanan yang mendukung kesepakatan tersebut.”

“Penentangan Smotrich dan Ben Gvir mengungkap penipuan lama mereka: bagi mereka, Negara Israel adalah keledai Mesias, yang pada akhirnya akan menjadi negara teologis di mana nyawa orang Yahudi harus dikorbankan,” katanya.

“Oleh karena itu, mereka tidak memiliki masalah dalam mengorbankan nyawa para sandera; mereka tahu bahwa kesepakatan akan membuat akhir pertempuran semakin dekat dan kembalinya pemukiman Gush Katif akan semakin jauh. Mereka adalah orang-orang yang perlu dijauhkan dari pemerintah dan kehidupan publik untuk menyelamatkan tidak hanya para sandera tetapi juga Negara Israel,” kata Michaeli.

Sumber:

Share Artikel: