RAMADAN MENGAJARKAN KEPADA KITA BAHWA KITA BISA!

RAMADAN MENGAJARKAN KEPADA KITA BAHWA KITA BISA RAMADAN MENGAJARKAN KEPADA KITA BAHWA KITA BISA!
RAMADAN MENGAJARKAN KEPADA KITA BAHWA KITA BISA!

Oleh: Dr. Adham Syarqawi

"Salah satu hasil tafakkur terindah tentang Ramadan ialah bahwa ramadan memperlihatkan kepada kita titik titik kekuatan imani dalam kepribadian kita; dan dia menyampaikan kepada kita bahwa kita BISA!

1. Ramadan menyampaikan kepada kita bahwa membaca 1 Juz dari Alqur'an setiap hari, itu sangat mudah; tapi selama ini kita memang sangat dikuasai oleh pikiran tentang dunia!

2. Ramadan menyampaikan kepada kita bahwa berpuasa 3 hari dalam sebulan, bukanlah sesuatu yang sulit, tapi kita memang sepanjang tahun, terlalu sibuk dengan apa yang diciptakan oleh Allah; bukan sibuk dengan untuk apa kita diciptakan oleh Allah. 

3. Ramadan menyampaikan kepada kita bahwa pada waktu malam ada waktu untuk salat minimal 3 rakaat; itu tidak berat, tapi memang hati kita yang perlu terus diperkuat.

4. Ramadan menyampaikan kepada kita bahwa kita bisa meninggalkan banyak kebiasaan kita untuk Allah; dan bahwa meninggalkan kebiasaan itu untuk mendapatkan ridha Allah, mendatangkan kenikmatan yang melebihi kenikmatan mempertahankan kebiasaan itu; dan bahwa kita ini bukan tidak sanggup meninggalkannya, tapi kita selama ini memang terlalu pengecut!

5. Ramadan menyampaikan kepada kita bahwa ada peluang bagi kita untuk bersedekah sepanjang tahun; kita bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang miskin, tanpa harus menunggu perut kita kosong baru mengingat orang-orang miskin.

6. Ramadan menyampaikan kepada kita bahwa salat subuh di masjid tidaklah sesulit yang disampaikan oleh setan kepada kita, yang dipercayai oleh sebagian kita; dan bahwa salat subuh di masjid itu benar benar jauh lebih baik dari pada tidur.

7. Ramadan menyampaikan kepada kita bahwa langkah-langkah kita ke masjid itu sangat membahagiakan; dan bahwa tak ada kebahagiaan sejati kecuali bersama Allah.

8. Ramadan menyampaikan kepada kita bahwa rumah kita adalah tempat yang paling teduh di dunia ini; dan bahwa berkumpulnya segenap anggota keluarga kita di rumah, itu benar-benar mengembalikan jiwa kebahagiaan dan kedamaian ke dalam diri kita!

9. Ramadan menyampaikan kepada kita bahwa memberikan 1 piring makanan kepada tetangga kita, itu mendatangkan keakraban; dan bahwa sambutan terhadap hadiah dari kita itu bagaikan surat cinta mereka kepada kita! 

10. Ramadan menyampaikan kepada kita bahwa rumah kita itu sesungguhnya tegak di atas kesabaran perempuan; dan bahwa betapa sering kaum laki-laki sudah merasa lemah pada waktu setelah Asar, sementara kaum perempuan masih bekerja keras di dapur mempersiapkan hidangan berbuka dan menu makan malam. Ini mengajarkan kepada kaum laki-laki agar mereka semakin memuliakan, semakin lembut dan semakin sering membantu kaum perempuan!"

(Diterjemahkan oleh: Muzakkir M Arif)

Share Artikel: