KOMUNITAS QUR’AN DIASPORA INDONESIA TERBESAR DI EROPA RAYAKAN MILAD AKBAR KE-5

Komunitas Diaspora Indonesia yang terbesar di Eropa dan fokus terhadap dakwah Al KOMUNITAS QUR’AN DIASPORA INDONESIA TERBESAR DI EROPA RAYAKAN MILAD AKBAR KE-5
[PORTAL-ISLAM] ISTANBUL - Komunitas Diaspora Indonesia yang terbesar di Eropa dan fokus terhadap dakwah Al-Qur’an melangsungkan Milad Akbar ke-5 dengan meriah di tengah Kota Istanbul serta dihadari oleh tokoh diaspora setempat.

Acara Milad Akbar ke-5 berlangsung selama dua hari, 3-4 Agustus 2024 berjalan dengan sukses.

Sejak berdirinya Madrasah Fatih sebagai wadah untuk belajar dan mengajar Al-Qur’an bagi pelajar dan masyarakat Indonesia yang ada di Turki pada bulan Agustus tahun 2019 hingga kita Madrasah Fatih sudah genap berusia setengah dekade. Madrasah Fatih juga pernah memberikan layanan pengajaran Al-Qur’an kepada peserta dari Indonesia dan dari diaspora Indonesia di negara lainnya.

Meskipun seluruh pendiri komunitas Qur’an ini telah pulang ke Indonesia dan mengabdi di tanah air dengan berbagai profesi masing-masing tapi komunitas ini tetap semakin bertumbuh dan berkembang. Proses transfer nilai antar pengurus dan regenerasi yang ada di dalam komunitas menjadi kunci dari keberlangsungannya dari tahun ke tahun. Hingga kini, setiap alumni kepengurusan masih memiliki ikatan dengan komunitas ini dengan turut mendukung acara dan berpartisipasi dalam kegiatan baik daring atau pun luring.

Acara Milad Akbar ke-5 Madrasah Fatih kali ini turut mengundang seluruh mitra yang pernah bekerja sama dan berkolaborasi dalam berbagai kegiatan. 

Acara ini dihadiri oleh Ust Syuhelmaidi Syukur (Dewan Pembina), Muhammad Adnan Hafiz (Wakil Ketua PPI Turki) Muhammad Azzam (Ketua PPI Istanbul) M. Fiqhy Rodhiyya (Ketua PDLN KAMMI Turki), Barış Osman (Ketua Urusan Pelajar Asing UDEF), Osman Kamil Başören (Hubulan Luar Negeri TÜGVA), Ketua PPI Bandırma, Ketua PPI Sakarya, Ketua PPI Kayseri dan sekitar 80 orang peserta dari berbagai daerah di Turki.

Milad Akbar ke-5 kali ini Madrasah Fatih mengangkat tema “Nyalakan Palestina di Tanah Utsmani” terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan seperti, Talkshow, Penghargaan Kemitraan, Melukis untuk Palestina, Outbond, Halal bi Halal dan FGD. Puncak acara Milad Akbar ke-5 ini ditandai dengan pemotongan tumpeng yang berjumlah lima nampang melambangkan usia komunitas Al-Qur’an ini.

Dalam kata sambutannya Ilham Abdul Hakim selaku ketua Madrasah Fatih berharap komunitas ini seperti keluarga yang penuh cinta.

“Kami berharap kekeluargaan dapat terwujud di komunitas ini. Dan itu dapat hadir dengan adanya rasa cinta, kepada Allah, Rasul dan Al-Qur’an. Makanya Madrasah Fatih memiliki slogan ‘Dengan Al-Qur’an kita bersatu’”. Tegasnya.

Di agenda Talkshow tentang bagaimana peran kita dalam membela Palestina pemateri menitipkan pesan:

“... Penting bagi kita semua sebagai kaum terpelajar untuk memperbanyak tulisan tentang Palestina, jika perlu buat cluster khusus sehingga lebih fokus dan dalam ketika membahasnya,” ujar Ust Syuhelmaidi Syukur.

Semua peserta dan tamu undangan mengucapkan selamat dan menyampaikan harapan baiknya terhadap komunitas ini. Seperti yang disampaikan oleh Hubungan Luar Negeri TÜGVA, Mr Osman Kamil Başören,

“Kami selalu mendukung segala macam bentuk kegiatan positif dari pelajar dan diaspora Indonesia yang ada di Turki. Jangan ragu dan sungkan untuk menjalin kerja sama dan  kolaborasi demi kebaikan umat Islam dan manusia pada umumnya.” Ucapnya.

Acara Milad Akbar ke-5 yang berlangsung selama dua hari, 3-4 Agustus 2024 berjalan dengan sukses berkat kerja keras panitia yang diketuai oleh Bilqis dan dukungan dari para sponsor serta mitra. Pasca acara ini Madrasah Fatih mempersiapkan agenda rutin tahunan untuk umum yaitu Daurah Qur’an Summer yang akan dilaksanakan di kota Bursa pada tanggal 26-31 Agustus 2024.

(Reporter: Ridwan El-Mughomieru)

Share Artikel: