Seorang wanita berusia 53 tahun di Inggris dijatuhi hukuman penjara 15 bulan karena memposting ancaman 'Ledakan masjid' di Facebook

bulan karena memposting komentar di Facebook yang mengatakan Seorang wanita berusia 53 tahun di Inggris dijatuhi hukuman penjara 15 bulan karena memposting ancaman 'Ledakan masjid' di Facebook
[PORTAL-ISLAM] Seorang wanita berusia 53 tahun divonis penjara selama 15 bulan karena memposting komentar di Facebook yang mengatakan: "Ledakkan masjid dengan orang dewasa di dalamnya."

Julie Sweeney, dari Church Lawton, Cheshire, mengaku bersalah di pengadilan tinggi Chester karena mengirim pesan untuk menyampaikan ancaman kematian atau cedera serius.

Dia adalah bagian dari grup komunitas Facebook ‘Keyboard warrior’ (pejuang keyboard) yang beranggotakan 5.100 orang. 

Sweeney mengunggah komentar tersebut setelah kerusuhan berkobar di seluruh Inggris menyusul pembunuhan tiga gadis muda di Southport, bulan lalu. Kerusuhan di Inggris ini dipicu oleh berita hoax bahwa imigran muslim yang melakukan pembunuhan terhadap tiga gadis muda Inggris.

Menanggapi foto yang memperlihatkan sejumlah orang kulit putih dan Asia terlibat dalam pembersihan setelah kerusuhan di Southport, dia menulis: "Benar-benar konyol. Jangan lindungi masjid. Ledakkan masjid itu bersama orang dewasa di dalamnya."

Saat menjatuhkan hukuman, Rabu (14/8/2024), Hakim Steven Everett, mengatakan dalam situasi seperti ini (kerusuhan Inggris) "bahkan orang seperti Anda perlu masuk penjara".

Hakim memvonisnya penjara 15 bulan, dengan mengatakan: "Anda seharusnya melihat berita dan media dengan ngeri seperti setiap orang yang waras. Sebaliknya, Anda memilih untuk ikut serta dalam mengobarkan kebencian.

"Anda memiliki banyak followers. Anda mengancam masjid ... Itu benar-benar ancaman yang mengerikan."

Hakim mengatakan "orang-orang yang disebut pejuang keyboard" seperti Sweeney "harus belajar bertanggung jawab atas bahasa mereka - terutama dalam konteks kekacauan yang terjadi di seluruh negeri".

John Keane, pembela, mengatakan Sweeney mengakui bahwa dia bodoh.

Sweeney dijatuhi hukuman pada hari sibuk lainnya di pengadilan Inggris karena kasus-kasus tersebut diproses dengan cepat setelah kerusuhan melanda Inggris yang berawal dari berita hoax bahwa imigran muslim membunuh 3 orang Inggris.

Di pengadilan mahkota Hull, seorang hakim mengatakan jaksa penuntut harus mempertimbangkan untuk mendakwa pelanggar yang memainkan peran utama dalam kerusuhan dengan pelanggaran yang membawa hukuman penjara yang lebih lama.

Hakim John Thackray KC, pencatat Hull, mengatakan dakwaan kerusuhan, dengan hukuman penjara maksimum 10 tahun, terkadang dapat digunakan sebagai alternatif dakwaan gangguan kekerasan, dengan hukuman maksimum lima tahun.

Ia berkomentar saat memenjarakan seorang pria selama tiga tahun yang menendang seorang polisi wanita hingga jatuh ke tanah dan merusak mobil.

Connor Whiteley, 26 tahun, disebut-sebut memainkan "peran penting" dalam "kekerasan massa yang rasis dan bermotif kebencian" yang terjadi di kota itu pada tanggal 3 Agustus.

Pengadilan tinggi Hull mendengar bahwa ia berada di garis depan kelompok yang berhadapan dengan polisi yang berusaha melindungi sebuah hotel yang dikenal sebagai tempat tinggal para pencari suaka, dan terlihat menyerang petugas.

Ia juga merupakan bagian dari kelompok yang menargetkan garasi, membakar mobil, dan mengancam staf, yang terpaksa mengunci diri di dalam.

(Sumber: The Guardian)
Share Artikel: