Setuju Cak! Harusnya kita dapet kualitas Wapres yang begini.... bukan blimbing sayur

Sebagai negara yang sangat kaya dengan keberagaman Setuju Cak! Harusnya kita dapet kualitas Wapres yang begini.... bukan blimbing sayur
Pancasila sebagai TITIK TEMU, bukan TITIK NGINJEK, TITIK GEBUK

Sebagai negara yang sangat kaya dengan keberagaman, terlalu ekstrim kepada satu golongan saja akan bikin ribut, pecah dan itu ongkosnya bakal mahal banget. Makanya Pancasila itu penting sebagai TITIK TEMU keberagaman Indonesia.

Pancasila sebagai ideologi, ya oke juga. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa (grondslag) seperti kata Bung Karno, ya oke banget juga. 

Tapi Pancasila sebagai TITIK TEMU ini ya jangan dilupakan. Karena kalo dilupakan, malah Pancasila nanti dijadikan alat gebuk doang. Itu yang bahaya, dan kita pernah mengalaminya berkali-kali dlm sejarah.

Atas nama Pancasila, yang protes dan kritik dipenjara. Atas nama Pancasila, orang ditembak tanpa melalui proses hukum. Atas nama Pancasila, orang dipersekusi karena iman dan keyakinannya. Yang gitu-gitu kan sering kejadiannya dan emang pernah kejadian.

Makanya saya protes orang berjilbab dipaksa lepas jilbabnya, atau gak mau berjilbab dipaksa berjilbab. Ini kan prilaku yang gak ngerti Pancasila sebagai TITIK TEMU keberagaman Indonesia.      

Pancasila sebagai TITIK TEMU, bukan TITIK NGINJEK, TITIK GEBUK, dll.

(Muhaimin Iskandar)
Share Artikel: