Pedas! Joshua Dan Ge Bikin Ulah, Ini Kata Opie Kumis


[PORTAL-ISLAM.ID]  Komedian senior Opie Kumis cukup kaget dengan video komika Ge Pamungkas dan selebriti Joshua Suherman, ketika melaksanakan lelucon stand up comedy. Mereka berdua terlihat dan terdengar menghina agama Islam dan Ge juga sempat menyindir mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok soal banjir di Jakarta.

Bang Opie, begitu sapaannya menyampaikan bahwa sebagai pelawak harus mencar ilmu agama dan melawak tidak mengandung SARA. Tentunya, biar tidak mengundang hal-hal yang tak diinginkan.

"Sebagai pelawak harus cerdas, mencar ilmu agama biar mengerti batas-batas yang harus kita lontarkan dalam lucuan. Kan, banyak teknik dalam melucu. Kalau berdasarkan gue sih, emang orangnya yang kurang pinterlah, kurang cerdas," katanya, Senin, 8 Januari 2018.

Pembawa program Pesbukers ini menjelaskan bahwa bila kedua selebriti itu tidak meminta maaf secara umum, dengan atau tanpa menggandeng ulama, kariernya akan kandas di tengah jalan.

"Kalau terbukti, ia harus minta maaf dan kalau ia bertahan dengan kesombongannya, kariernya sudah selesai," tutur laki-laki yang gemar mengoleksi topi tersebut.

Pria berjulukan lengkap Muchtar Lutfi itu mencontohkan ada banyak cara biar Ge dan Joshua meminta maaf. Salah satunya dengan menggandeng ulama yang bijak.

"Harusnya, ia datanglah ke salah seorang ulama yang bijak kan banyak. Jelasin saja, apa yang sudah diperbuat. Ketemu dan bicarakan, kalau telah melawak dan ingin meminta maaf atas lelucon dia. Minta dampingi untuk mohon maaf kepada umat Islam. Gue rasa itu salah satu jalan keluar," ungkap laki-laki berusia 57 tahun itu.

Share Artikel: