Pelawak Legendaris S Bagio: Agama Itu Bukan Materi Lelucon...


[PORTAL-ISLAM.ID] "Jadi komedian itu susah, Mas. Kita nggak sanggup sembarangan ndagel... Agama, suku, warna kulit itu BUKAN materi lelucon." (S Bagio)

Kata-kata komedian legendaris Indonesia S Bagio ini sangat terasa kini dimana sudah berapa kali publik diresahkan dengan banyolan SARA dari komika stand-up comedy.

Dari sejumlah nama, hanya segelintir komedian masa kemudian yang namanya terus dikenang hingga kini. Salah satu komedian yang mungkin selalu diingat ialah S Bagio. Gaya lawak halus dan serius menjadi ciri Bagio.

Di masa jayanya, laki-laki kelahiran Purwokerto itu sempat beberapa kali bergabung dengan grup lawak. Namun yang paling dikenal ialah Bagio CS. Bersama Darto Helm, Diran, dan Sol Saleh, Bagio berhasil mengocok perut penonton. Dalam film biasanya Bagio memerankan tokoh yang kagetan dan latah dengan kata-kata 'Eh, copot.. copot'.

Karier Bagio sebagai komedian sudah dibangun semenjak duduk di dingklik kuliah. Jika saja takdir punya rencana lain, mungkin Bagio semasa hidupnya akan berkutat dengan dunia hukum. Bagio merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Namun tak selesai alasannya lebih menentukan menjadi pelawak.

Saat masih kuliah di Yogyakarta, Bagio menang dalam hampir semua lomba lawak. Karena ingin memfokuskan pada karier melawak, Bagio membentuk kelompok EBI bersama Eddy Sud dan Iskak.

Kelompok ini sukses, hingga akibatnya diboyong Usmar Ismail ke Jakarta untuk ikut film Gaya Remaja (1957). Di Jakarta karier Bagio semakin moncer. Wajahnya semakin sering muncul di layar kaca.

Materi banyolan Bagio terkadang diubahsuaikan dengan suatu duduk kasus atau aktivitas pemerintah. Bagio memang cerdas. Baginya lawak bukan sekedar candaan, buat orang ketawa, tetapi lebih dari itu. Pesan informatif dan mendidik selalu ditonjolkan Bagio tiap kali melawak. Dengan begitu ada masukan yang didapat para penonton sesudah melihatnya tampil.

Sampai simpulan hayatnya, Bagio tetap konsisten dengan gayanya.


Share Artikel: