Analisis Jaringan Sosial Drone Emprit: Anies Unggul di Debat Perdana

menggelar Debat Calon Presiden pertama pada Selasa  Analisis Jaringan Sosial Drone Emprit: Anies Unggul di Debat Perdana
menggelar Debat Calon Presiden pertama pada Selasa  Analisis Jaringan Sosial Drone Emprit: Anies Unggul di Debat Perdana
[PORTAL-ISLAM]  Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Debat Calon Presiden pertama pada Selasa (12/12/2023) malam dalam rangka menyambut pesta Demokrasi yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024.

Pada debat pertama tadi malam, calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan datang bersama calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar kompak memakai busana jas hitam dan kemeja putih di dalamnya.

Sementara capres nomor urut 2 Prabowo Subianto didampingi pasangan cawapres Gibran Rakabuming Raka, datang dengan memakai kemeja berwarna biru muda terang. 

Pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga tampil dengan kemeja. Mereka memilih warna putih bertuliskan "Sat Set" dan "Tas Tes".

Debat pertama dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

SIAPA YANG UNGGUL?

Analisis jaringan sosial Drone Emprit memotret data percakapan media sosial terkait Debat Capres Perdana tadi malam.

Hasilnya: Dalam periode analisis saat debat, percakapan terbanyak didapat oleh Anies (48k), Prabowo (40k), dan Ganjar (21k).

Secara persentasi share of voices, Anies mendapat 44%, Prabowo 36%, dan Ganjar 20%.

ANALISIS SENTIMEN

Anies dan Ganjar sama-sama mendapat sentimen positif 64%, dan Prabowo hanya 48%.

Sedangkan sentimen negatif tertinggi didapat oleh Prabowo 41%, Anies 27%, dan Ganjar 23%.

👇👇
Share Artikel: