Sinwar ditawari kesempatan untuk meninggalkan Gaza ke Mesir selama perang, tetapi menolaknya

yang terbunuh oleh pasukan IDF minggu lalu Sinwar ditawari kesempatan untuk meninggalkan Gaza ke Mesir selama perang, tetapi menolaknya
[PORTAL-ISLAM] Pemimpin Hamas Yahya Sinwar, yang terbunuh oleh pasukan IDF minggu lalu, pada satu tahap ditawari kesempatan untuk meninggalkan Jalur Gaza dengan imbalan mengizinkan Mesir untuk bernegosiasi atas nama kelompok tersebut untuk kesepakatan penyanderaan, Wall Street Journal melaporkan Senin (21/10/2024).

"Saya tidak dikepung, saya berada di tanah Palestina," Sinwar dilaporkan mengatakan kepada mediator Arab sebagai tanggapan atas proposal tersebut.

Menurut laporan tersebut, saat perang berlangsung, Sinwar meyakini bahwa ia kemungkinan akan terbunuh dan menurut mediator, menyarankan agar kelompok tersebut memilih dewan kepemimpinan untuk mengatur dan mengelola transisi setelah kematiannya.

Dalam sebuah pesan untuk mempersiapkan kemungkinan kematiannya, Sinwar memperingatkan bahwa Israel akan menawarkan konsesi jika ia dibunuh tetapi Hamas tidak boleh menyerah.

Para pejabat di Mesir berharap bahwa kematian Sinwar akan memberikan dorongan baru untuk negosiasi yang terhenti untuk gencatan senjata, termasuk mengubah "posisi Israel yang tidak kenal kompromi" di Gaza setelah perang berakhir, jaringan Al-Arabiya yang berbasis di Saudi melaporkan pada hari Senin.

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken akan mengunjungi Israel pada hari Selasa dan kemudian Mesir pada hari berikutnya. 

Al-Arabiya melaporkan bahwa pembicaraan di Kairo akan difokuskan pada pembentukan pasukan internasional untuk mengawasi administrasi Gaza dan perbatasan strategis antara daerah kantong itu dan Mesir, yang disebut Koridor Philadelphia. Israel bersikeras untuk mempertahankan sebagian kendali atas koridor itu, dengan mengatakan bahwa hal itu perlu untuk mencegah penyelundupan senjata ke Gaza.

Pada hari Minggu, kepala Shin Bet Ronen Bar dilaporkan mengunjungi Kairo untuk membahas upaya menghidupkan kembali negosiasi kesepakatan penyanderaan.

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada The Times of Israel bahwa Netanyahu tengah mencari kesempatan untuk mengakhiri perang dengan kesepakatan penyanderaan, seperti yang didesak oleh keluarga banyak sandera.

Channel 12 melaporkan bahwa Israel telah memberi tahu AS dalam beberapa hari terakhir bahwa mereka siap untuk membuat konsesi di beberapa area yang sebelumnya tidak dianggap sebagai bahan perdebatan.

AS juga telah menyuarakan optimisme bahwa kematian Sinwar dapat menghadirkan peluang baru untuk pembebasan sandera dan kesepakatan gencatan senjata. Namun, laporan pada hari Minggu menunjukkan bahwa secara pribadi, para pejabat meragukannya.

Diperkirakan bahwa 97 dari 251 sandera yang diculik oleh Hamas pada tanggal 7 Oktober masih berada di Gaza, termasuk jenazah sedikitnya 34 orang yang dikonfirmasi tewas oleh IDF.

Hamas juga menahan dua warga sipil Israel yang memasuki Jalur Gaza pada tahun 2014 dan 2015, serta jenazah dua tentara IDF yang tewas pada tahun 2014.

Upaya yang terus dilakukan sejak saat itu untuk menengahi kesepakatan pembebasan para sandera yang masih ditawan oleh Hamas telah berulang kali gagal, karena Israel dan kelompok tersebut saling menuduh menyabotase negosiasi.


Share Artikel: