New York Times: Inilah Sebabnya Hamas Tidak akan Kalah dalam Perang

mengutip para analis yang mengatakan bahwa serangan baru <i>New York Times</i>: Inilah Sebabnya Hamas Tidak akan Kalah dalam Perang
[PORTAL-ISLAM] The New York Times mengutip para analis yang mengatakan bahwa serangan baru-baru ini terhadap Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), termasuk pembunuhan kepala biro politiknya, Ismail Haniyeh, di ibu kota, Teheran, mungkin merupakan kemunduran jangka pendek bagi gerakan tersebut, namun hal ini tidak cukup untuk mencegah gerakan tersebut bangkit kembali, dan mungkin lebih kuat lagi secara politik.

Surat kabar tersebut mengatakan dalam sebuah artikel oleh penulis Erica Solomon yang diterbitkan pada Ahad (4/8/2024), bahwa Hamas mengalami pukulan keras selama beberapa hari terakhir, yang pertama diwakili oleh pembunuhan Haniyeh di Teheran, kemudian pengumuman ‘Israel’ bahwa mereka telah membunuh panglima tertingginya, komandan Brigade al-Qassam, Muhammad al-Deif. (Hamas tidak mengkonfirmasi kematian al-Deif -red)

Penulis (Erica Solomon) percaya bahwa pada poin pertama, tampak bahwa hasil terbaru dalam konflik 30 tahun antara ‘Israel’ dan Hamas adalah akibat yang menghancurkan bagi gerakan tersebut, dan merupakan hasil yang menimbulkan keraguan terhadap masa depan gerakan tersebut. 

Namun, sejarah Hamas, evolusi kelompok bersenjata Palestina selama beberapa dekade, dan logika pemberontakan dan perlawanan secara umum menunjukkan bahwa gerakan tersebut tidak hanya akan bertahan, namun mungkin akan menjadi lebih kuat secara politik.

Para analis dan pengamat regional yang berhubungan dengan para pemimpin Hamas percaya bahwa kemunduran yang menimpa gerakan tersebut memberi ‘Israel’ kemenangan jangka pendek, namun tidak memberikan keberhasilan strategis jangka panjang.

Tahani Mustafa, seorang analis senior urusan Palestina di International Crisis Group, mengatakan: “Alih-alih menciptakan kejutan yang mereka (Israel) harapkan, yang akan membuat orang-orang Palestina takut atau kalah total, serangan-serangan ini justru akan mempunyai dampak sebaliknya”.

Kampanye militer yang dilancarkan ‘Israel’ di Jalur Gaza menyebabkan sekitar 90% dari dua juta penduduk Jalur Gaza mengungsi, menghancurkan sebagian besar kota-kotanya, dan menewaskan lebih dari 39 ribu orang, menurut Kementerian Kesehatan di Gaza.

Meskipun demikian, Hamas masih aktif dan merekrut pejuang baru di dalam dan luar Jalur Gaza, menurut penduduk dan analis setempat. Pejuang juga mulai muncul kembali di daerah-daerah yang telah diusir ‘Israel’ beberapa bulan lalu, dan sejauh ini mereka tetap bergantung pada sumber daya mereka sendiri bahkan di tengah semakin ketatnya pengepungan ‘Israel’ di Gaza.

Bagi Hamas, seperti yang penulis katakan, logika perlawanan berarti tetap bertahan menghadapi tentara yang jauh lebih kuat akan memberikan kemenangan simbolis. Dan dengan hal ini, muncullah peluang untuk bertahan hidup yang melebihi segala penderitaan yang ditimbulkan oleh ‘Israel’.

Penulis mengatakan bahwa kehilangan Haniyeh juga akan sulit bagi Hamas. Ia dipandang oleh para analis regional sebagai tokoh yang lebih moderat dalam gerakan tersebut, dan bertindak sebagai jembatan antara faksi-faksi Palestina. Dia juga dipandang sebagai pemimpin yang bersedia memajukan upaya diplomatik, termasuk melanjutkan perundingan gencatan senjata dengan ‘Israel’ jika gagal.

“Dengan pembunuhannya, pesan yang muncul adalah negosiasi tidak menjadi masalah,” kata Khaled Al-Jundi, pakar urusan Palestina di Middle East Institute di Washington.

Al-Jundi menyatakan bahwa dia “tidak melihat alasan untuk menyimpulkan bahwa Hamas mungkin menjadi tidak relevan,” dan menambahkan, “Pertanyaannya adalah bagaimana Hamas akan berubah setelah itu? Saya pikir ada argumen kuat bahwa kepemimpinan Hamas akan menjadi lebih ekstrem.”

Kampanye pembunuhan yang ditargetkan oleh ‘Israel’ terhadap negara-negara Palestina dan saingan regionalnya memiliki catatan kontroversial, dengan para kritikus yang sudah lama berpendapat bahwa taktik tersebut hanya menciptakan ruang bagi partai atau pemimpin baru untuk muncul sebagai musuh utama ‘Israel’, dan sering kali menggantikan mereka dengan kekuatan yang lebih keras.

Pada 1970an, ‘Israel’ membunuh pemimpin militer Front Populer untuk Pembebasan Palestina, Wadih Haddad, yang menyebabkan runtuhnya kelompok tersebut. Satu dekade kemudian, mereka digantikan oleh kekuatan baru Palestina: Gerakan Pembebasan Nasional Palestina (Fatah) yang dipimpin oleh Yasser Arafat. ‘Israel’ juga membunuh pemimpin militernya, Khalil al-Wazir (Abu Jihad), pada April 1988 di rumahnya di Tunisia, namun gagal melumpuhkan gerakan Fatah.

Sejak awal 2000-an, Hamas telah menjadi gerakan yang dipandang oleh orang-orang Palestina sebagai gerakan yang mengambil kendali perlawanan bersenjata melawan pendudukan ‘Israel’, pada saat kemampuan militer kelompok lain telah memudar, dan dalam kasus Fatah, gerakan tersebut telah meninggalkan strategi utamanya, perjuangan bersenjata demi negosiasi.

Ketika perundingan perdamaian gagal pada awal 2000an, Hamas tumbuh semakin kuat. Namun, banyaknya pembunuhan yang dilakukan ‘Israel’ terhadap para pemimpinnya, termasuk para pendirinya, tidak melumpuhkan gerakan tersebut.

Kisah hidup Haniyeh memberikan pelajaran berbeda tentang konsekuensi yang tidak diinginkan dari beberapa upaya ‘Israel ‘untuk mengekang Hamas. Dia termasuk di antara 400 warga Palestina yang diusir oleh ‘Israel’ dari Gaza ke Lebanon selatan, yang saat itu berada di bawah pendudukan ‘Israel’. Alih-alih dipinggirkan, tokoh-tokoh seperti Haniyeh malah mendapatkan popularitas yang lebih besar dan kedudukan regional yang lebih luas.

Mungkin prinsip paling penting bagi kelangsungan hidup Hamas, menurut Mustafa, adalah tidak terlalu bergantung pada dukungan material dari pendukung asing, ketergantungan yang memungkinkan ‘Israel’ melemahkan PLO pada 1970an dan 1980an, katanya.

Sejauh ini, Hamas tampaknya masih mempertahankan kemandiriannya bahkan di tengah semakin ketatnya pengepungan ‘Israel’ di Jalur Gaza.

Pejuang Hamas memiliki insinyur sendiri yang tahu cara menggunakan apa pun yang mereka temukan di darat dari pasokan yang diambil dari pangkalan ‘Israel’ atau penyergapan pada kendaraan ‘Israel’, atau dengan mengambil bahan dari persenjataan yang tidak meledak dan pesawat tak berawak yang jatuh.

“Mereka mendapat banyak dukungan dari luar dalam hal pendanaan dan pelatihan, namun dari segi logistik, sebagian besar merupakan bantuan buatan dalam negeri,” kata Tahani Mustafa, “dan itulah sebabnya, bahkan sekarang, setelah hampir 10 bulan, resistensi belum mengalami penurunan.”

Tidak semua pengamat Hamas yakin Hamas mampu menahan tekanan yang ada saat ini. Beberapa analis, seperti Michael Stevens dari Royal United Services Research Group di London, yakin serangan tersebut akan menyebabkan kerusakan sementara yang cukup untuk memaksa Hamas membuat konsesi lebih lanjut.

Sementara itu, Akram Atallah, seorang analis politik dari Gaza di surat kabar Al-Ayyam, percaya bahwa bahkan jika ‘Israel’ pada akhirnya menghadapi Hamas dengan pukulan fatal, satu-satunya pertanyaan adalah siapa yang akan muncul berikutnya.

Atallah menambahkan, “Selama masih ada pendudukan (penjajahan Israel), Palestina akan terus berjuang, baik Hamas ada ataupun tidak.” (arrahmah.id)

Share Artikel: