Percobaan Pembunuhan Yang Gagal Terhadap Erdogan Di Yunani


[PORTAL-ISLAM.ID] ATHENA - Pemimpin Muslim menyerupai Erdogan sudah niscaya jadi incaran pembunuhan. Segala cara sudah dilakukan untuk menggulingkan Erdogan, termasuk dengan perebutan kekuasaan yang gagal. Terakhir, dalam kunjungannya ke Yunani, Erdogan diincar untuk dibunuh, bukan hanya dengan pistol, tapi dengan rudal.

Surat Kabar Yunani To Vima hari ini (18/12/2017) melaporkan sembilan orang yang diduga anggota Front Pembebasan Rakyat Revolusioner (DHKP-C) ditangkap oleh polisi Yunani alasannya yaitu dicurigai dalam perjuangan untuk membunuh Presiden Turki Recip Tayyip Erdogan dikala kunjungan ke Yunani, mengutip sumber-sumber keamanan resmi.

Sumber tersebut menambahkan bahwa polisi Yunani menyita catatan selama penangkapan yang mengungkapkan bahwa para tersangka telah merencanakan untuk memakai peluncur roket, granat tangan, dan bom molotov dalam perjuangan pembunuhan tersebut.

Erdoğan diberi arahan nama "Scorpio" dalam planning pembunuhan tersebut, kata laporan tersebut, menambahkan bahwa dua kelompok akan menyerang konvoi Erdoğan dengan roket dari dua sisi selama perjalanannya, sementara kelompok ketiga menyerang dari belakang kendaraan.

Laporan tersebut menambahkan bahwa pasukan keamanan Yunani masih bekerja untuk menemukan granat dan amunisi peluncur roket, yang diyakini dikubur di kaki Pegunungan Parnitha bersahabat Athena.

Pada 28 November 2017, sembilan anggota DHKP-C ditahan dalam operasi simultan di mana tiga rumah digerebek sebelum kunjungan Erdogan pada 7 dan 8 Desember 2017.

Pada tanggal 7 Desember, Erdogan melaksanakan kunjungan dua hari bersejarah ke Yunani, yang pertama oleh seorang presiden Turki dalam kurun 65 tahun.

Sumber:
- Aljazeera
- Daily Sabah
- MEMO


Share Artikel: